Jumat, 22 Mei 2015

Assalamualaikum wr. wb
Tugas kali ini adalah tugas MID. Yaitu membuat Mind Map Tugas dari SPA2

MIND MAP RUMAH RAMAH LINGKUNGAN






TOR :

Merencanakan rumah tinggal sederhana dengan konsep Ramah Lingkungan. Sebenarnya menurut saya ramah lingkungan itu bukan konsep dalam suatu rancangan desain, tetapi wajib.


STATEMEN :
  • Deskripsi : 

Rumah adalah bangunan untuk tempat bersinggah/bertempat tinggal dalam jangka waktu tertentu. Rumah Ramah lingkungan adalah upaya melestarikan lingkungan sekitar, memaksimalkan energi dari alam, menggunakan bahan bahan yang ramah lingkungan. Selain itu Ramah Lingkungan dalam mendesain rumah tidak hanya itu. Desain ramah lingkungan dapat diartikan sebagai sikap dari sebuah siasat untuk mengatasi permasalahan. Bukan hanya dipandang dengan material saja.
  • Latar Belakang : 

Maraknya bangunan rumah yang tidak memperhatikan lingkungan sekitar dan kurang memaksimalkan energi dari alam. Kebanyakan Rumah tidak mementingkan kenyamanan penghuni dan lingkungan sekitar..
  • Tujuan : 

Dapat memaksimalkan energi dari alam, selain penghematan energi buatan, efek positif energi dari energi alam juga membuat nyaman dan menyehatkan, pemanfaatan bahan ramah lingkungan, memberi kenyamanan kepada penghuni maupun lingkungan sekitar dengan pensiasatan.
  • Batasan : 

Koefisien Dasar Bangunan (KDB) : 60 %


Koefisien Luas Bangunan (KLB) : 1 lantai


Kapasitas : 5 orang


SITE :

Perum Permata Ngijo, Gunungpati, Semarang

Batas Site ;

Utara : Lahan Kosong

Timur : Tanah Kavling

Selatan : Jalan

Barat : Tanah Kavling


DATA NON FISIK :

NO
PENGHUNI
USIA
PEKERJAAN
HOBI
1
Ayah
50 th
Kontraktor
Memelihara ikan
2
Ibu
44 th
Pegawai Bank
Merawat tanaman
3
Anak Pertama laki laki
20 th
Mahasiswa
Bermain Musik
4
Anak kedua peempuan
16 th
Pelajar SMA
Menari
5
Pembantu
22 th
Pembantu Rumah Tangga
-


NAMA
KEGIATAN
KEBUTUHAN RUANG
Ayah
Sholat, mandi, makan, bekerja, istirahat, tidur, menonton tv, bersantai
k.mandi, k.tidur, r.keluarga, r.santai, r.makan
Ibu
Sholat, mandi, makan, bekerja, istirahat, tidur, menonton tv, bersantai, menyirami tanaman
k.mandi, k.tidur, r.keluarga, r.santai, r.makan, dapur
Anak pertama
Sholat, mandi, makan, kuliah, istirahat, belajar, menonton tv, bersantai
k.mandi, k.tidur, r.keluarga, r.santai, r.makan
Anak kedua
Sholat, mandi, makan, istirahat, tidur, belajar, sekolah, menonton tv, bersantai, bermain
k.mandi, k.tidur, r.keluarga, r.santai, r.makan
Pembantu
Sholat, mandi, makan, membereskan rumah, mencuci,
k.mandi, k.tidur, dapur, t.cuci, t.jemur











DATA FISIK
  • Kebisingan :
Kebisingan dari site terdapat dari arah barat dan utara, untuk mengurangi kebisingan itu, saya memberi tanaman, pohon dihalaman rumah untuk meredam kebisingan dari jalan raya. Upaya mengurangi kebisingan yang masuk dari luar juga dapat dengan cara membuat tekstur kasar pada permukaan tembok halaman, teras, tembok pagar. Tekstur yang kasar dapat memecah suara bising.
  • View :
View penting dalam suatu rancangan, view yang indah membuat penghuni merasa tidak bosan dengan keadaan rumah, membuat perasaan menjadi nyaman dan sejuk. View dari denah site kurang maksimal, maka saya buat taman di kanan dan kiri site untuk menjadi view yang indah.
  • Pencahayaan ;
Dalam merancang suatu bangunan baiknya dapat mengoptimalkan pencahayaan alami, seperti cahaya matahari. memaksimalkannya juga bukan semata-mata berlebihan, tetapi secukupnya untuk penerangan pada siang hari. Keuntungannya selain dapat menghemat listrik lampu, juga cahaya matahari menyehatkan, dan tidak menyebabkan ruangan lembab. Dalam desain saya, saya juga meanfaatkan jendela putar dan roster guna mengoptimalkan energi matahari yang masuk. Begitu juga meminimalisir penggunaan dinding masif, meminimalisir dinding masif membuat pantulan cahaya dari luar lebih optimal, karena tidak adanya penghalang cahaya yang masuk dan memantul.
  • Sirkulasi :
Sirkulasi penghuni dan udara wajib bagi rumah ramah lingkungan, sirkulasi penghuni yang baik dan efisien membuat fungsi ruang dan besaran ruang efisien. Sirkulasi udara menggunakan cross ventilasi. Agar udara yang masuk dapat langsung keluar dan tergantikan oleh udara segar lagi dari luar.

PENDEKATAN DESAIN
  • Pot Gantung 




Mungkin sama seperti vertikal garden, tapi menurut saya tanaman lebih bagus jika digantung, selain viewnya yang menarik, tanaman juga akan tumbuh dengan baik. Dengan digantung, tanaman akan mendapat sirkulasi udara yang sangat baik karena arah angin dari segala arah.
  • Penggunaan roster dan meminimalisir dinding penggunaan masif 









Dengan mengganti dinding masif dengan alternatif lain, maka ruang-ruang didalam rumah dapat terasa sejuk karena tidak ada penghalang angin masuk, cahaya pun dapat masuk dengan optimal. Penggunaan roster pun juga dapat mengoptimalkan energi angin dan energi cahaya dari alam. Menciptakan Cross Ventilasi.
  • Jendela putar 

Penggunaan jendela putar lebih efisien dalam sirkulasi angin, angin akan lebih optimal masuk dari jendela putar. Jendela putar juga dapat mendukung Cross Ventilasi


  • Akuatik 

Akuatik yang dimaksudkan adalah kolam-kolam yang membuat view indah, merasakan perasaan yang tenang jika terdengar percikan air kolam, serta ,melihat ikan ikan. Karena klien yang mempunyai hobi memelihara ikan, maka ada tempat dimana klien dapat bersantai menikmati suara air kolam dan memandangi ikan-ikannya sambil bersantai.






  • Bahan bangunan

Penggunaan batu alam.




Penggunaan batu bata dari kotoran sapi, yaitu EcoFaeBrick




Kusen menggunakan kusen kayu, banyak yang mengatakan kusen kayu tidak ramah lingkungan, Tetapi menurut saya kayu lah yang paling ramah lingkungan, kayu memiliki rongga rongga sel, Rongga-rongga itu dapat menjadi sirkulasi angin walaupun sedikit. Kayu juga kuat, dan tahan leleh.










0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Arsitektur Dan Saya.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.