Minggu, 12 Juli 2015

Denah Rumah Ramah Lingkungan SPA 2
Tampak
Assalamualaikum wr.wb

          Pada akhir semester 2 ini diberi tugas oleh Dosen saya untuk resume mengenai Tugas SPA 2. Tugas SPA 2 ini adalah merancang Rumah dengan konsep Rumah Ramah Lingkungan. Ramah Lingkungan menurut saya adalah lestari, mengoptimalkan energi alam, dan siasat dalam merancang.

          Dalam desain saya SPA 2 mengenai Rumah Ramah Lingkungan sederhana saja, dalam merancang suatu bangunan tidak sama halnya seperti hanya menciptakan suatu barang. Tetapi bagaimana siasat kita supaya rancangan dapat mengoptimalkan energi alam dan dapat direalisasikan.

      Didalam merancang denah saya mengoptimalkan lahan kosong untuk lahan hijau sebagai penghawaan dan peresapan. Meminimalisir batasan antar ruang dengan dinding masif. Penggunaan elemen bukaan yang optimal, tepat pada tempatnya, untuk sirkulasi udara. Sirkulasi manusia pun juga tidak lupa. Menghindari ruang gerak yang sempit dan menghindari adanya lorong/ruang/space mati.

     
    Siasat atau konsep saya untuk menjadikan rancangan ini ramah lingkungan yaitu misalnya
  • ATAP YANG TINGGI 
       Atap yang tinggi membantu melancarkan sirkulasi udara, mengurangi panas dari sinar matahari langsung karena ruang atap yang luas memungkinkan udara panas dapat cepat keluar, dalam pengeluaran udara panas diatap. Atap yang tinggi juga dapat memaksimalkan cross Circulation. Ditambah lagi adanya sirkulasi udara dibawah atap pada rancangan yang saya buat. Jadi sirkulasi udara dapat optomal masuk ke dalam ruang ruang rumah, serta cahaya dapat masuk dan memantul kedalam sudut ruang ruang rumah. Adanya cahaya alami yang masuk memberikan penghematan energi cahaya buatan, energi listrik karena cahaya matahari tidak dapat habis. Dari hal sederhana saja dapat dimanfaatkan secara optimal.

Rumah dengan atap tinggi
Cross Circulation
  •      PENGGUNAAN LOSTER
        Dalam rancangan saya, saya juga menggunakan material loster. Karena loster memberikan banyak keuntungan yaitu udara dapat mudah masuk dalam ruangan, serta cahaya. Cahaya dapat masuk melalui celah-celah lubang pada loster dan dapat memantul pada sudut-sudut ruang. Dan penggunaan loster juga menambah nilai estetis rumah, tata ruang. Memberikan efek shadow ketika loster terkena cahaya dari luar. Bayangkan ketika cahaya pagi atau sore menembus lubang-lubang loster dengan malu-malu.
Loster

Loster 2
Loster memberikan efek Shadow/bayangan
Loster yang terkena sinar matahari dari luar rumah







0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2010 Arsitektur Dan Saya.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.